Cara Membuat Karedok Leunca Khas Sunda Sederhana dan Nikmat

Cara Membuat Karedok Leunca Khas Sunda Sederhana dan Nikmat – Karedok adalah salah satu makanan khas tanah Jawa yang dibuat dengan berbagai bumbu dan menggunakan sayuran sebagai salah satu bahan utamanya.  Sayuran disini tidak direbus atau dimasak terlebih dahulu melainkan hanya dipotong atau dirajang halus.  Sebab sayuran yang digunakan pada menu karedok disajikan mentah.  Karena itulah rasa karedok benar-benar menonjolkan kesegaran sayuran.  Sebelum membuat karedok penting bagi anda untuk memilih sayuran yang segar agar rasa karedok tidak mengecewakan.

Anda tahu leunca? Leunca merupakan jenis sayuran yang masih satu spesies dengan terong namun berukuran bulat kecil. Leunca ternyata mengandung khasiat yang luar biasa karena mengonsumsi leunca secara rutin bisa mengurangi bahkan menyembuhkan penyakit kanker pada seseorang.  Leunca sendiri biasanya dikonsumsi dengan cara direbus dan menjadi lalapan yang cukup enak dan sehat.  Tetapi di daerah Sunda, leunca diolah menjadi sajian yang nikmat dan sedap, sajian itu adalah karedok leunca.  Bahan bakunya tentu saja leunca yang segar.  Jadi jika anda penasaran bagaimana rasa karedok leunca, silahkan intip Resep Karedok Leunca Khas Sunda di bawah ini.

42-resep-karedok-leunca-khas-sunda

Bahan yang dibutuhkan :

  • Leunca segar sebanyak 100 gram

Bumbu :

  • Cabai rawit merah sebanyak 4 buah
  • Kencur sebanyak ½ cm
  • Bawang putih sebanyak ½ siung
  • Terasi bakar sebanyak ½ sdt
  • Garam secukupnya
  • Gula merah secukupnya

Cara Membuat Karedok Leunca :

  1. Langkah pertama cuci dulu leunca segar hingga bersih.  Buang tangkai pada buah leunca agar leunca lebih mudah saat dikonsumsi, sisihkan.
  2. Siapkan cobek atau ulekan lalu ulek semua bahan bumbu hingga halus, koreksi rasa agar sesuai selera.  Tambahkan garam atau gula bila diperlukan.
  3. Tambahkan leunca yang sudah dicuci tadi ke dalam cobek.  Uleg kasar leunca hanya sampai pecah dan bijinya keluar saja.  Aduk rata agar semua bahan dan bumbu tercampur rata.  Karedok leunca siap untuk dihidangkan.

Bumbu yang digunakan juga terbilang sangat sederhana.  Bahkan anda tidak memerlukan kompor, wajan dan alat masak lainnya.  Hanya dengan menggunakan cobek, karedok leunca yang sedap sudah bisa anda sajikan.  Dimakan dengan sepiring nasi hangat serta tempe dan tahu goreng, siapa yang bisa menolak? Leunca biasanya berwarna hijau, namun jika sudah terlalu lama akan ada leunca yang berwarna kehitaman.  Jangan gunakan leunca yang hitam karena akan mempengaruhi rasa karedok ini nantinya.

Incoming search terms:

  • cara membuat kueh intil intil khas sunda
  • resep dan gambar memasak sayur lodeh sunda sederhana
Cara Membuat Karedok Leunca Khas Sunda Sederhana dan Nikmat | Syella Zaneta Poetri | 4.5