Resep Cimol Kering Renyah Dan Cara Membuat

Resep Cimol Kering Renyah Dan Cara MembuatJajanan sederhana khas Bandung lainnya adalah cimol. Makanan ini berbentuk bulat kecil seperti halnya cilok. Bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan adonannya adalah tepung tapioka atau tepung sagu. Jadi jangan heran kalau teksturnya kenyal dan gurih.

Cimol memang banyak disukai oleh banyak kalangan baik muda maupun tua karena memang pas sekali dinikmati sebagai cemilan santai. Jajanan ini juga cukup mengenyangkan dan bisa menjadi alternatif pengganjal perut di saat jam makan belum tiba dan perut sudah mulai keroncongan.

Cukup banyak bumbu yang bisa dipadukan dengan cimol seperti bumbu tabur rasa barbeque, keju, jagung bakar, balado atau bumbu basah seperti saus kacang, saus tomat atau saus cabe.

Resep Cimol Kering

Baca juga : Cara Membuat Kue Lumpur Pandan

Kata cimol sendiri sebenarnya adalah singkatan dari aci digemol yang diambil dari bahasa sunda atau memiliki arti adonan tepung yang dibentuk bulat. Para penjual cimol biasanya menjajakan dagangannya dengan gerobak kecil yang sudah dilengkapi dengan kompor dan katel besar di bagian sisinya untuk penggorengan. Lokasi jualannya bisa di area dekat sekolah, kampus atau pusat jajanan. Anda bisa membelinya dengan harga sangat terjangkau.

Anda yang biasa membeli jajanan cimol dan penasaran ingin mencoba membuat makanan kenyal ini bisa mencoba mengkreasikannya dengan langkah-langkah mudah seperti di bawah ini.

Bahan dan Bumbu Cimol Kering

  • ½ bungkus @250 gr tepung tapioka
  • 50 gr tepung beras
  • 100 ml air panas
  • 1 sdt bawang putih halus
  • Secukupnya garam
  • 1 sdt baking powder

Cara Membuat Cimol Kering :

  1. Buat adonan cimol kering dengan mencampurkan tepung beras, tepung tapioka, baking powder, garam dan bawang putih dalam wadah yang sudah disiapkan. Aduk merata sambil disirami air panas secara perlahan. Lanjutkan pengadukan hingga adonannya mejadi kalis.
  2. Bentuk bulat kecil adonan kalis lalu goreng dalam genangan minyak yang tidak terlalu panas. Aduk-aduk supaya tingkat kematangannya merata. Angkat bila warna cimol sudah terlihat menguning.

Penggunaan minyak goreng yang tidak terlalu panas pada saat menggoreng cimol bertujuan agar cimol tidak menjadi retak dan mudah pecah.

Untuk menyantapnya anda bisa menambahkannya dengan bumbu saus kacang atau diberi taburan bumbu kering seperti barbeque, balado dan lain-lain.

Baca juga : Resep Kue Kastengel Renyah Dan Cara Membuatnya

Demikian langkah pembuatan cimol kering. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Incoming search terms:

  • apakah membuat cimol kering dengan cara di kukus
Resep Cimol Kering Renyah Dan Cara Membuat | Farid Abdul Mupid | 4.5